Tuesday 8 November 2016

Berperilaku Di Media Sosial


Penggunaan teknologi informasi ini khususnya yang disebut dengan Media Sosial bisa menjadi nilai yang positif jika para penggunanya menggunakan sarana tersebut untuk hal-hal yang bersifat positif misalnya untuk menambah ilmu pengetahuan, untuk sarana komunikasi dan promosi, untuk sarana mengeksploitasi kemampuan diri, dan juga sebagai sarana untuk membangun silaturahmi antar sesama pengguna. Tetapi jika penggunaan Media Sosial ini digunakan untuk hal yang negatif akan berdampak kurang baik terhadap tatanan kepribadian pengguna maupun kepada tatanan budaya dasar masyarakat dan lingkungan .


Dengan demikian keberadaan teknologi informasi Media Sosial ini secara langsung maupun tidak langsung sudah bisa merubah tatanan perilaku budaya, baik perilaku budaya pribadi maupun perilaku budaya masyarakat sekitar. Tetapi yang kita harapkan jangan sampai pengaruh teknologi informasi Media Sosial ini berpengaruh terhadap perilaku budaya masyarakat yang mana Indonesia dikenal dengan budaya adat ketimuran yang menjunjung nilai-nilai sopan santun.

Menurut penjelasan saya sendiri. Di tahun 2016 ini perilaku  perilaku dia media sosial saat ini sangat meperihatinkan. Kenapa memperihatinkan karena banyak sekali netizen  yang menyalahgunakan medsos ya seperti penipuan jual beli, share link porno, membuat isu sara, fitnah, provokasi serta tidak ketinggalan dengan kata kata yang ada di kebun binatang. Contohnya facebook. Jujur isi beranda  di facebook saya banyak bertebaran isu sara dan provokasi. Apalagi pada saat menjelang pilkada saat ini. Dan apa lagi yang lagi hot hotnya yaitu si Ahok. Di beranda facebook banyak banget netizen yang sharad shered sana sini situs situs tentang si Ahok dengan isu saranya sama provkasi. Dan di situs  itu terdapat komentar yang tak kalah menyedapkan. Yaitu komentar dengan kata kata kotor, kasar serta hewan yang gak salah apa apa. Ya disitu kita bisa melihat dari cara berbicaranya saja atau menyampaikan pendapatnya mencerminkan kepribadiannya tersebut.
Maka dari itu di tahun 2016 ini perilaku medsos terutama di facebook sangat meperihatinkan dan dampaknya bisa merugikan seperti menular terhadap bocah bocah polos yang engga ngerti apa apa jadi ikut ikutan berbuat. Jadi kesimpulannya sih ayolah berbuat yang bijak dalam menggunakan medsos seperti ngeshare informasi yang berunsur positif dan bermutu supaya adik adik kita juga mengikuti dan mencontoh yang apa yang kita  lakukan tersebut.


# Follow FB GUNADARMA fb.com/gunadarma













No comments:

Post a Comment